• call Us: (+62) 431 835790

Komunitas Kateketik

Komunitas Kateketik adalah nama untuk komunitas mahasiswi dan mahasiswa yang belajar di STFSP tanpa harus menjadi imam. Komunitas ini merangkum baik mahasiswa Program Studi Ilmu Filsafat dan Teologi. Mereka adalah awam-awam yang mau berperan serta di dalam Gereja, dengan mempelajari Filsafat dan ilmu-ilmu suci. Dengan demikian mereka mempersiapkan diri mereka menjadi pelayan dan pemimpin di tengah umat.

Banyak lulusan komunitas ini berperan aktif dalam hidup menggereja dan bermasyarakat. Kalau mereka menjadi guru agama, maka mereka akan menjadi guru yang kritis, tetapi setia dan jujur. Begitu pula bila mereka diangkat menjadi pemimpin atau guru iman dalam masyarakat, mereka akan membaktikan ilmu dan hati mereka demi pengembangan kehidupan.

Jumlah anggota komunitas ini tidak banyak, hanya kurang lebih seperlima dari seluruh civitas akademika. Namun dari tahun ke tahun kelihatan bahwa minat umat awam untuk belajar Filsafat dan Teologi makin berkembang. Dengan mengasah diri untuk belajar bidang ilmu ini, mereka juga tergembleng menjadi pria dan wanita yang ulet, serta kritis serta tanggap dalam menghadapi jaman.

Komunitas Kateketik mempunyai satu asrama kecil untuk putra, sementara asrama putri sedang direncanakan pembangunannya. Komunitas ini pun didampingi oleh seorang Pastor Prefek.