Prof. Dr. Johanis Ohoitimur dilantik sebagai Rektor de La Salle Manado

Manado, 14 Agustus 2021

Prof. Dr. Johanis Ohoitimur, Guru Besar Filsafat STF Seminari Pineleng, kembali diangkat menjadi Rektor Universitas Katolik de La Salle Mando untuk periode 2021-2025. Ketua Yayasan Pastor Fenansio Benny Salomre Pr melantiknya untuk masa bakti kedua ini di Aula Unika de LaSalle.
Prof. Yong, begitu sapaan akrabnya, adalah dosen Filsafat STF Seminari Pineleng. ia menyelesaikan pendidikan S2nya di Universitas Leuven Belgia. Sekembalinya dari Belgia tahun 1989, ia mulai mengajar di STF Seminari Pineleng, khususnya Mata kuliah Etika dan Filsafat Metafisika. Ia memperoleh gelar doktor Filsafat dari Universitas Gregoriana, Roma. Gelar Professor dianugerahkan kepadanya pada tahun 2010.

Selain mengajar di STFSP, Prof. Dr Johanis Ohoitimur, mengajar di berbagai perguruan tinggi di Manado dan beberapa perguruan tinggi di luar Sulawesi, sebagai dosen tamu maupun sebagai penguji disertasi. Tahun 2018, dia terpilih menjadi Rektor Unika de La Salle, tugas yang diselesaikan nya dengan baik sampai 2021. Pada pemilihan Rektor Juli 2021 lalu dia terpilih secara bulat sebagai Rektor untuk periode kedua.

Rektor baru, Prof Dr. Johanis Ohoitimur merasa berterima kasih dengan penugasan ini. Mengutip St John de LaSalle dia mekihat pekerjaan ini sebagai pekerjaan Tuhan. Lord the work is yours. Maka selain tugas harian sebagai dosen berhomebase di STFSP ia menerima tugas ini dengan semangat. Prof Yong, begitu ia disapa, sangat berterima kasih kepada semua pihak yang telah bekerja sama, kepada Yayasan maupun kepada para wakil Rektor yang telah bekerja sama dengan baik. Ia merenungkan selama periode lalu bahwa yang dilaksanakan adalah menjaga agar semua berjalan baik, menjaga agar para dosen berkembang, bisa mengikuti perkembangan zaman, menjaga para staf dan karyawan agar menjalankan tugas. Menjaga mahasiswa agar tetap tekun belajar. Menjaga agar partisipasi terjaga agar menampilkan spirit lasallian, juga dalam keluarga mereka. Itu semua menantang kepedulian dan solidaritas.
Menurutnya kepemimpinan yang kuat bersifat integratif. Semua unit saling terpaut dan harus bertumbuh bersama. Kepemimpinan integratif inilah yang ia berusaha laksanakan: mendampingi yang lain, memberikan semangat dan arah dan percaya semua pemimpin akan berkembang baik. Inilah yang akan dikembangkan dalam periode kedua.Baginya ada beberapa program prioritas: yaitu soal kelembagaan, SDM, konversi akreditasi institusi dan prodi dan akreditasi internasional.
Selamat Prof. Dr. Johanis Ohoitimur, selamat bekerja dan Sukses.