• call Us: (+62) 431 835790

Program Studi Teologi

Ospek 2019 mahasiswa

Program Studi Teologi

Dimulai sejak 1992, Nama Program studi ini adalah Program Studi Filsafat Kateketik. Nama Progam Studi Teologi dipakai hingga sekarang ini.

Kaprodi Teologi
Drs. Aloysius Lerebulan, Lic.Th. MSC
Sekretaris Prodi Teologi
Antonius Tukiran, S.S., Lic.His.Eccl. MSC
Sekretaris 1
Priscilia Korompis, S.Fil
Sekretaris 2
Novelia Makalew, S.Fil., M.Pd.
Christ is alive! He is our hope, and in a wonderful way he brings youth to our world, and
everything he touches becomes young, new, full of life. Paus Fransiskus, Christus Vivit 1
Program Studi Teologi menawarkan studi ilmu-ilmu Ketuhanan (Divinity Studies) dalam perspektif agama Katolik.
Dimulai dengan perkenalan akan Kitab Suci untuk menggali makna dengan pesannya, selanjutnya mahasiswa akan diantar dalam perjalanan iman melalui teologi sistematik. Aneka doktrin Gereja akan didalami mulai dari penciptaan dan rahmat, Kristologi, Ekklesiologi (teologi tentang Gereja), Mariologi, Sakramentologi, Misiologi dan Allah Tritunggal.
Ajaran mengenai praksis Gereja juga akan diangkat, sebagai pengantar untuk masuk dalam pelayanan Gereja: Hukum Gereja, Teologi pastoral, Liturgi, dan Katekese.
Tentu saja sebagaimana diyakini oleh Gereja Katolik, diajarkan di sini ilmu-ilmu Filsafat dan ilmu Humaniora lain sebagai dasar berpikir kritis dan seimbang. Filsafat manusia, Etika, Filsafat Budaya, Sosiologi, Antropologi dan Psikologi turut menjadi prioritas di dalamnya. (GHD)
Dengan demikian para lulusan akan menjadi pelayan Gereja yang siap-sedia untuk mewartakan iman, kebenaran dan kecintaan kepada sesama manusia.
Selain untuk para calon imam Gereja Katolik, program studi ini terbuka untuk umat awam yang mau mengabdikan dirinya untuk Gereja dan bangsa. Selain bekerja di lingkungan Gereja Katolik banyak lulusan bekerja di tengah masyarakat, di kantor pemerintahan dan sebagai voluntir kemanusiaan untuk pembangunan karakter bangsa. (GHD)
  • Neo Ingressi Mahasiswa Teologi 2019
  • Neo Ingressi Mahasiswa Teologi 2019
Pada kuliah umum tanggal 16 Agustus 2019, alumni program studi teologi datang dari berbagai tempat kerja mereka masing-masing: dari Kanwil Kementerian Agama Sulut, Beberapa SMA di Manado, Tomohon, Amurang serta instansi-instansi lain. Kebanyakan mendapat pekerjaan sebagai guru atau pendidik agama. Namun tak jarang yang menjadi fasitator pendidikan Karakter dalam masyarakat.
Program Studi Teologi telah terakreditasi BAN-PT BAN-PT dengan SK Nomor: 429/SK/BAN-PT/Akred/S/XI/2014 tanggal 2 November 2014 dengan peringkat B.
Pada saat ini Prodi Teologi sementara dalam proses reakreditasi.