• call Us: (+62) 431 835790

Komunitas Skolastikat

Klik Facebook Skolastikat

Biara Hati Kudus, Skolastikat MSC Pineleng

Komunitas Skolastikat terdiri dari para biarawan MSC, baik frater maupun bruder MSC. Setelah lulus pembinaan Postulansi dan Novisiat dan mengucapkan kaul, mereka diterima di komunitas itu. Karena itu selain studi, kegiatan utama mereka adalah pembinaan kebiarawanan: berdoa, bekerja dan mengembangkan hidup spiritualitas.

Komunitas dipimpin oleh Superior Skolastikat. Saat ini Pastor Anselmus Jamlean MSC. Pembinaan dibuat melalui sistem pembinaan unit: Unit Apia, Purwokerto,  Manado,  Amboina dan Merauke. Masing-masing Unit didampingi oleh seorang pendamping, yang disebut dengan Penanggung Jawab Unit, yang juga Para Pastor MSC. Merekalah yang menjadi pembimbing kehidupan bersama para biarawan muda ini. Pendampingan kepribadian dan kerohanian dijalankan secara seimbang. Kehidupan persaudaraan ditekankan pula.

Di dalam komunitas ini terdapat aneka kelompok  pengembangan bakat, seperti: Kelompok Kerasulan Kitab Suci (K3S), yang aktif membuat Bible Camp untuk kelompok mahasiswa dan siswa-siswa Katolik di Manado,  dan sekitarnya, Kelompok Studi Ametur (KSA)  yang aktif mengembangkan bakat kesenian, musik dan liturgi. Kelompok Junior Chavelier Mission (JCM) bergerak di karya karitatif dan sosial, menyelenggarakan bakti sosial, menyalurkan beasiswa pendidikan, membuat pendampingan anak-anak pasar, dan mengunjungi orang sakit. Kelompok Chevalier Mountainering Club, mengembangkan kecintaan pada alam dengan kegiatan outbound dan inbound. Mereka ini trampil dalam pelatihan-pelatihan kaum muda. Tidak ketinggalan Kelompok Studi Bahasa Asing (KSBA) mengambangkan anggotanya dengan kemampuan berbahasa Inggris dan Spanyol.

Jumlah mahasiswa Komunitas Skolastikat bervariasi antara 55 sampai dengan 80 siswa dengan aneka latarbelakang: Papua, Maluku, Jawa, Kalimantan, Flores, dan Minahasa. Mereka disatukan dalam persaudaraan sebagai Misionaris Hati Kudus.