Berikut ini adalah beberapa buku aktual yang diterbitkan oleh para dosen dan sivitas akademik STF Seminari Pineleng.

Mysterium Crucis

Mysterium Crucis – Mysterium Paschale

Penulis: Johanis Ohoitimur dkk

Penerbit: Kanisius, Yogyakarta, 2020

ISBN: 9789792166392

Buku ini adalah buku pertama dari Pustaka Pineleng yang ditulis oleh para dosen STFSP secara bersama-sama. Diterbitkan dalam rangka 50 tahun Pengakuan STFSP sebagai Perguruan Tinggi terdaftar, buku ini menyoroti misteri salib dan paskah dalam Tri Hari Suci. Perenungan mengenai makna salib, penderitaan dan korban ditelusuri dalam berbagai sudut pandang: filsafat, antropologi, sosiologi dan teologi.

Hati Penindas

Mengubah Hati Penindas.

Jalan Perdamaian melalui Pertobatan Hati dari Sudut Pandang Teologi Dramatik

Penulis: Gregorius Hertanto Dwi Wibowo

Penerbit: Kanisius, Yogyakarta, 2020

ISBN 9789792165869

Buku ini mengangkat teori mimetik René Girard tentang akar kekerasan manusia, mulai dari hasrat yang bersifat meniru, munculnya persaingan dan konflik dan akhirnya berpuncak dalam mekanisme kambing hitam. Dalam dialog dengan Raymund Schwager dinampakkan peran wahyu kristiani dalam mengatasi mekanisme satanik itu.

Cardo Renwarin

Upaya Berteologi Kontekstual dari Konteks Budaya Minahasa

Penulis: Dr. Paul Richard Renwarin

Penerbit: Percikan Hati, Manado, 2020

ISBN: 9786020796307

Paul Richard Renwarin, antropolog STFSP, dari pengalamannya berkecimpung di dalam budaya Minahasa, mengangkat budaya lokal Minahasa sebagai locus theologicus. Kekhasan budaya Minahasa pun diangkat sebagai pintu masuk menemukan dan mengungkapkan kehadiran Tuhan.

Imamku

Imamku Imam Kita (Gambaran Imam Ideal)

Penulis: Dr. Melky Malingkas, S.S., M.Ed.

Penerbit: Percikan Hati, Manado, 2020

Siapa dan bagaimanakah imam ideal itu? Pertanyaan ini dilemparkan oleh Pastor Melky Malingkas, untuk dijawab. Pengalamannya sebagai dosen dan juga rektor Seminari Tinggi Pineleng, mematangkan refleksinya tentang gambaran imam ideal. Buku ini memaparkan banyak hal mengenai fungsi dan peran imam. Dalam setiap bab ia berangkat dari refleksi imam-imam yang dan awam yang ditemuinya. Dari situ ia sampai pada paparan kesimpulan yang menarik dari pribadi penulis sendiri.