“Perpustakaan itu bagaikan dapur para peneliti.” Demikian pepatah mengatakan. Perpustakaan adalah salah satu tempat dimana sumber-sumber refleksi ilmiah filosofis ditemukan, terutama bila itu menyangkut pemikiran-pemikiran para pendahulu. Karena itu mengunjungi perpustakaan adalah sesuatu yang mutlak bagi para mahasiswa dan dosen.

photo6278527955621751523

Koleksi Buku

Tersedia banyak koleksi buku di STF Seminari Pineleng, dalam bidang-bidang ilmu filsafat, Teologi, sejarah, sosiologi, antropologi, psikologi dan sebagainya. Perpustakaan ini dibuka dari pagi jam 8.00 sampai dengan jam 13.00 untuk para pengunjung. Pada hari Sabtu petugas akan melayani sampai jam 12.00. Para pengunjung dapat mendaftar di meja resepsionis dan kemudian mencari buku sendiri di rak yang tersedia, serta melaporkannya kepada petugas. Buku dapat dibaca di ruang baca yang terletak di sebelahnya. Peminjaman keluar belum diperkenankan, namun dengan ijin petugas perpustakaan pengunjung dapat memfotokopi sebagian buku tersebut untuk keperluan studi.

photo6278527955621751522

Ruang Baca

Ruang baca terletak di samping perpustakaan. Suasana nyaman dan tenang karena cukup jauh dari jalan raya. Tersedia juga di sini berbagai jurnal yang dapat diakses setiap saat.

Pengunjung yang membaca dapat membaca buku di sini dan setelah selesai, tinggal melaporkannya kepada petugas. Petugaslah yang kemudian akan mengembalikannya di rak semula.

photo6278527955621751525

Sumber-sumber tua

Buku-buku Tua

Yang menarik dari perpustakaan STF Seminari Pineleng adalah koleksi buku-buku tua yang masih terjaga. Buku-buku ini berasal dari para dosen emeritus, yang kebanyakan masih berbahasa Belanda, Jerman dan lain-lain. Kemampuan berbahasa asing diperlukan untuk masuk di bagian ini, tetapi akan sangat berguna untuk menemukan karya-karya para pemikir yang terpercaya.

Para petugas seringkali harus memelihara buku-buku ini dengan ekstra hati-hati, membersikannya dari debu dan merawatnya agar tidak rusak. Dengan senang hati mereka akan menunjukkan karya-karya ini kepada para pengunjung perpustakaan.