Pelantikan Lektor dan Akolit


Pineleng, 3 Juli 2021
Tujuh puluh orang frater melangkah lebih jauh menuju jenjang imamat. 50 orang di antaranya menerima pelantikan Lektor dan yang lain dilantik oleh Uskup Manado, Mgr. Benediktus Rolly Untu, menjadi akolit. Lektor adalah jabatan resmi untuk pembaca Kitab Suci dalam ekaristi, sedangkan Akolit adalah pembawa lilin serta roti dan anggur untuk dipersembahkan ke altar. Tugas ini di kalangan umat Katolik dilaksanakan juga oleh para Lektor dan Misdinar, tetapi di dalam perjalanan imamat, Lektor dan Akolit merupakan jenjang yang penting yang menjadi syarat untuk tahbisan diakon dan imamat nantinya.
Untuk bisa sampai ke Lektor seorang frater pertama-tama harus mencintai Kitab Suci, suka dan tekun membacanya sebagai Sabda Tuhan, sehingga ketika membacakannya, ia membacakannya dengan jelas dan sungguh-sungguh pertama untuk dirinya dan kemudian untuk semua yang mendengarkannya. Lektor harus mempunyai kemampuan membaca dengan jelas dan lantang agar Sabda Tuhan yang dibawakannya sungguh-sunguh sampai kepada pendengarnya. Frater sendiri dituntut untuk mendengarkan sabda itu sebelum membacakannya, meneladan apa yang dibacanya dan menghidupi apa yang dibacakannya. Demikian terangkum dalam tanya jawab sebelum pelantikan. Sementara untuk jabatan Akolit seorang frater dituntut untuk mulai mencintai ekaristi. Lilin yang akan dibawanya juga lambang Kristus sendiri, terang dunia. Hidup seorang akolit harus menyesuaikan diri dengan makna jabatan yang akan diembannya. Salah satu yang dituntut adalah bahwa para frater sudah menjalankan praktek mengajar di sekolah dan praktek weekend pastoral di tengah umat.
Acara berlangsung di Kapel Seminari Tinggi Hati Kudus Pineleng. Warna Protokol Kesehatan nampak dalam acara ini. Tidak banyak pastor yang hadir, tidak seperti biasanya. Begitu pula undangan dibatasi sekali, sehingga mereka tidak masuk di Kapel. Kapel praktis diisi oleh para frater yang dilantik. Karena alasan itu pula, pelantikan dibuat bersamaan dengan Penahbisan Diakon, dalam satu kesatuan ekaristi.
Selamat pada para frater. Kita terus mendoakan agar semua yang dilantik hari ini sungguh sampai kepada puncak imamat nantinya.

Gregorius Hertanto

Dr. Gregorius Hertanto Dwi Wibowo,S.S., mengajar di Sekolah Tinggi Filsafat Seminari Pineleng sejak tahun 2010. Pendidikan S2 dan S3nya ditempuh di University of Innsbruck, Austria. Selain mengajar Bidang Studi Ekumene, dia juga mengampu MK Pengantar Teologi, Teologi Penciptaan, Sejarah Dogma dan Teologi Allah Tritunggal.

Anda mungkin juga suka...

Artikel Populer

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *