Sekolah Tinggi Filsafat Seminari Pineleng, Pintu Gerbang dari Arah Manado. Jl. Mando-Tomohon, Km. 10. Pineleng Dua, Kecamatan Pineleng, Kabupaten Minahasa, Sulawesi Utara

Sekolah Tinggi Filsafat Seminari Pineleng, 

terletak di desa Pineleng Dua, Kecamatan Pineleng, Kabupaten Minahasa. Kami berdiri sejak 15 Agustus 1954. Pendiri kami Mgr. Nicolaus Verhoeven MSC mengingkan agar lembaga ini dapat memberikan pendidikan Filsafat dan Teologi serta ilmu-ilmu lain yang perlu bagi pembinaan imam-imam pribumi. kerinduan ini berkembang, sebab yang dihasilkan bukan hanya imam, melainkan pemimpin dan pelayan masyarakat yang siap mengabdi bagi Gereja dan Negara Indonesia.  Kami mendidik secara integratif, selain dengan kegiatan kampus, terdapat pula kegiatan pembinaan dalam komunitas-komunitas pembinaan. Jadi selain kurikulum perguruan tinggi terdapat pula kurikulum pembinaan yang mengembangkan soft skill mahasiswa. 

MOTTO

FIDES VERITAS MINISTERIUM

Iman Kebenaran dan Pelayanan

KATOLIK
JUJUR
HUMANIS
DIALOGIS
RELIGIUS

Katolik berarti terbuka pada kebenaran universal. Beriman Katolik membentuk jiwa serta pola laku berdasar kebenaran.

Cita-cita kami adalah mendidik orang yang berintegritas, tulus dan lurus. Rela menderita oleh sebab kebenaran.

“Voluntas autem Dei est salus hominum” (Th. Aquinas). KehendakTuhan adalan keselamatan manusia.

Cendekiawan sejati siap untuk berdialog mencari kebenaran. Keterbukaan bagi ‘yang lain’ membuat ia bersukacita.

Religius itu beragama, secara mendalam, atas dasar relasi kasih dengan Sang Pencipta dan Penyelamatnya.

Pembinaan Terintegrasi melalui Komunitas

Komunitas diosesan Amboina

Komunitas Diosesan Amboina tinggal bersama dengan Komunitas Diosesan Manado. Mereka adalah calon imam untuk Keuskupan Manado. Banyak dari mereka berasal dari Kepulauan Kei dan Tanimbar.

Komunitas diosesan manado

Komunitas diosesan Manado terdiri dari mahasiswa calon imam Keuskupan Manado (frater Praja Manado. Mereka tinggal bersama dengan calon imam Keuskupan Amboina.

Komunitas skolastikat/biara msc

KOMUNITAS SKOLASTIKAT MSC Komunitas Skolastikat MSC terdiri dari para mahasiswa dari Kongregrasi Misionaris Hati Kudus Yesus. Para Frater MSC tinggal di Biara MSC sehingga sering disebut Frater MSC.

Komunitas kateketik

Komunitas Kateketik adalah nama untuk Komunitas Mahasiswa non calon imam. Mereka terdiri dari para mahasiswa filsafat dan teologi. Beberapa diantaranya adalah biarawati (Suster) yang diutus tarekatnya. Tempat tinggal komunitas ini tersebar: di Asrama Putra Mgr. Moors, Asrama Putri St. Benedikta dan rumah-rumah kost. FREQUENTLY

Frequently asked questions

Filsafat berarti cinta akan kebijaksanaan (bhs. Latin: filos—sophia). Sebagai ilmu tertua, filsafat menyelediki nilai-nilai dasar keberadaan, memberikan logika berpikir dan metode menganalisa kehidupan berdasarkan prinsipprinsip kebenaran. Yang dipelajari dalam ilmu Filsafat antara lain: 1) Logika: agar kita berpikir secara benar, runtut dan bertanggungjawab, 2) Filsafat Manusia: mempelajari jatidiri manusia itu. Apa yang menjadikan
manusia itu manusia? 3) Sejarah Filsafat: mencakup sejarah pemikiran kebijaksanaan dari jaman
Kuno, sampai jaman Kontemporer, 4) Etika: apakah prinsip kebaikan? Bagaimana mewujudkannya? Etika menawarkannya dalam aneka bidang: Etika dasar, Etika Medis, Etika Politik,
Etika bisnis dsb. 5) Filsafat Kebudayaan: belajar kebijaksanaan dari dunia Yunani, India, Cina, dan Nusantara 6) Filsafat Pendidikan: apa dasar pendidikan? Apa yang mau diperjuangkan dalam pendidikan? 7) Metafisika dan 8) Filsafat Ketuhanan: ada apa dibalik semua yang fisik ini? Bagaimana kita memahami adanya dan sifatnya Tuhan? 9) Sosiologi, Psikologi dan Musik

Filsafat Keilahian adalah perkembangan nama sesuai nomenklatur Indonesia untuk program studi Teologi. Ilmu ini menghantar kita pada pengertian iman dengan memberikan dasar-dasar, menelusuri sejarahnya dan menegaskan hubungannya dengan kehidupan aktual umatberiman masa kini.

Yang dipelajari a.l: 1) Teologi Fundamental: apakah beriman itu? Mengapa iman tetap perlu bagi dunia? 2) Pengetahuan Kitab Suci dan ilmu tafsir (hermeneutic).Bagaimana memahami wahyu dan kebijaksanaan Allah
dalam Kitab Suci? 3) Patrologi dan Sejarah Gereja. 4) Dogma, Sakramen dan Liturgi: Ajaran dan Tradisi Gereja,
bagaimana munculnya, bagaimana dipahami dan bagaimana kita hidup olehnya? 5) Ajaran Sosial Gereja: belajar dari Gereja sebagai guru berpengalaman menyikapi tantangan dunia. 6)Teologi Moral: bagaimana hidup sesuai dengan kehendak Allah di tengah dunia ini? Hidup sesuai dengan makna sakramen babtis, tobat serta perkawinan kudus. 7) Spiritualitas dan Katekese (Pendidikan) Hukum Gereja, Ekumene, Ilmu agama-agama dan Teologi Pastoral

Tidak. Banyak orang belajar Filsafat dan Teologi dan mereka tidak harus menjadi imam. Filsafat banyak dipakai dalam ilmu-ilmu profan juga, karena membantu orang berpikir jernih, mendukung pencarian kebenaran karena cara berpikirnya yang kritis dan logis. Para penentu kebijaksanaan dan para pemimpin masyarakat, pembela kemanusiaan sangat membutuhkan ilmu Filsafat. 

Demikian juga teologi tidak hanya dipelajari oleh calon imam. Banyak pendamping pastoral profesional memerlukan pengetahuan teologi agar dapat menghantar orang mengenal Tuhan dan mendampingi orang dalam perjalanan hidupnya, melewati pengalaman sukses dan kegagalan, derita dan kebahagiaan. Para guru dan motivator kemanusiaan akan sangat terbantu dengan ilmu ini. 

Tidak. STFSP menarik pembiayaan dari mahasiswa seperlunya. Untuk para calon imam, mereka akan mendapat pembiayaan dari Keuskupan dan Tarekat masing-masing. Untuk non calon imam tersedia biaya yang lebih murah. Terdapat juga kesempatan biasiswa melalui jalur KIP Kuliah, Prestasi Akademik dan Bantuan-bantuan lainnya. 

Ya. Welcome! Kalau anda tertarik mendengarkan kuliah, Anda dapat mendaftar menjadi mahasiswa pendengar. Anda boleh memilih beberapa mata kuliah sesuai minat Anda. Tentu ada biaya yang wajar untuk itu. 

Kalau Anda tertarik, Anda juga bisa mengikuti berbagai macam seminar/webinar yang diadakan oleh para dosen. 

Anda ingin bertanya lebih lanjut? Contact Us

kata mereka

"Click edit button to change this text. Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit. Ut elit tellus, luctus nec ullamcorper mattis, pulvinar dapibus leo"
Hilary Leigh
Developer
"Click edit button to change this text. Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit. Ut elit tellus, luctus nec ullamcorper mattis, pulvinar dapibus leo"
Hall Read
Designer
"Click edit button to change this text. Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit. Ut elit tellus, luctus nec ullamcorper mattis, pulvinar dapibus leo"
Quintin Angus
Designer
"Click edit button to change this text. Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit. Ut elit tellus, luctus nec ullamcorper mattis, pulvinar dapibus leo"
Jillie Tempest
Developer