Menu Tutup

Penandatanganan MoU dengan INTERFIDEI

Pineleng, 31 Mei 2022

Bertempat di Kantor Ketua STF Seminari Pineleng diadakan penandatanganan MoU dan Perjanjian Kerjasama dengan Yayasan Dialog Antar Iman (DIAN) atau Interfidei oleh Ketua STFSP, Dr. Gregorius Hertanto Dwi Wibowo. Penandatanganan disaksikan oleh Bapak Denny Pinontoan yang mewakili Interfidei dan Dr. Barnabas Ohoiwutun, Wakil Ketua I Bidang Akademik dan Antonius Tukiran, Lic.His.Eccl, Kaprodi Teologi. Penandatangan MoU dan MoA ini adalah tindak lanjut dari kerjasama STFSP dengan Interfidei Foundation (Yayasan Dian).  Kerjasama ini sudah berjalan sejak Desember 2021 lalu yang melibatkan Interfidei, STFSP, IAKN dan IAIN Manado dan Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Propinsi Sulawesi Utara. Lingkup kerjasamanya adalah untuk pendampingan guru-guru penggerak pluralitas di Manado, untuk mendidik generasi yang lebih toleran dan siap berdialog secara sehat di tengah keberagaman budaya, agama, suku di Indonesia.

STF Seminari Pineleng sendiri sudah lama bergerak di bidang dialog antarumat beragama, dan terpanggil untuk menjadi promotor di dalam semangat kebinekaan. Dalam Yayasan Interfidei STFSP cukup terlibat. Salah satu dosen STFSP, Prof. Dr. Johanis Ohoitimur menjadi salah satu pengurus di dalam Yayasan yang diketuai oleh Ibu Pendeta Elga Sarapung ini. Yayasan bergerak di bidang dialog lintas iman dan mengembangkan nilai-nilai keterbukaan di antara masyarakat dengan berbagai latar belakang. Salah satu kegiatan rutin adalah menyelenggarakan Sekolah Lintas Iman.

Proyek Guru Penggerak Pluralitas di Manado adalah pengembangan dari gerakan yang sama yang pernah diadakan di Yogyakarta. Kali ini dipilih kota Manado dan Makassar sebagai bagian dari wilayah Timur Indonesia, dan diharapkan muncul suatu jaringan guru-guru dan sekolah-sekolah yang kondusif untuk kehidupan bersama dalam keberagaman. Proyek akan berjalan selama 5 tahun, dengan kegiatan antara lain pelatihan dan pendampingan. Dari STFSP Pastor Damianus Pongoh, S.S., Lic.Ar.Is menjadi wakil yang aktif dan terlibat antara lain dalam penyusunan modul pelatihan.

Dengan kegiatan ini diharapkan terjalin pengabdian kepada masyarakat yang berdaya guna dan berdampak positif bagi perkembangan kehidupan bermasyarakat dan berbangsa.

Posted in Berita STFSP

Related Posts

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.