Menu Tutup

Selamat Datang Peserta Pertukaran Mahasiswa

Pinelleng, 27 Maret 2022

BEM Sekolah Tinggi Filsafat Seminari Pineleng, bagian Departemen Sosial Kemasyarakatan pada hari Minggu, 27 Maret 2022 sudah mulai melaksanakan kegiatan yang telah di agendakan yakni Pekan Pertukaran Forum Mahasiswa Lintas Agama (PPFMLA)  sampai pada Sabtu, 2 April 2022. Kegiatan yang sudah menjadi kegiatan rutin tahunan ini diikuti oleh beberapa perguruan tinggi yang ada di daerah Sulawesi Utara yaitu  STF Seminari Pineleng, Universitas Kristen Indonesia Tomohon, Institut Agama Kristen Negeri Manado, Institut Agama Islam Negeri Manado dan juga Sekolah Tinggi Pastoral Don Bosco Tomohon. Kegiatan ini dalam pelaksanaannya dikoordinir oleh Panitia Inti dari FMLA dan Panitia Lokal dari setiap kampus masing-masing. Ketua Panitia kali ini adalah  Revindah Palandeng dari Universitas Kristen Indonesia Tomohon. Sementara  Frater Dandi Papoto menjadi Ketua Panitia Lokal dari STF Seminari Pineleng. Koordinasi antara Panitia Inti dan Lokal dibutuhkan agar kegiatan sungguh terjalin antara kegiatan bersama dan kegiatan dalam setiap kampusnya.

Peserta mulai berdatangan di STF Seminari Pineleng pada hari Minggu sore, 27 Maret. Mengingat masa pandemi tidak lupa para peserta mendapat pemeriksaan Swab Antigen, yang dilaksanakan dalam kerjasama dengan Dinas Kesehatan Sulawesi Utara.

Dalam Pekan Pertukaran Forum Mahasiswa Lintas Agama, mahasiswa diajak untuk menghayati tema “Moderasi Beragama sebagai Pemersatu Keberagaman”  sebagai tema yang disetujui bersama oleh   melalui Forum Komunikasi Mahasiswa Lintas Agama. Diharapkan melalui konteks kebersamaan dengan penganut-penganut agama lain, moderasi beragama bisa mulai dilatihkan sebagai cara beragama dengan mengedepankan dialog demi kebaikan dan kemaslahatan bersama.

Dalam prosesnya, kegiatan pertukaran ini dibuat dengan cara setiap kampus mengutus kurang lebih 15-20 orang untuk disebarkan di kampus-kampus lain.  STFSP mengutus 16 orang mahasiswa. Sementara sebaliknya STF Seminari Pineleng sendiri menerima 38 mahasiswa peserta dari empat perguruan tinggi yang lain. Karena kondisi pandemik tidak semua kampus dapat menerima mahasiswa untuk tinggal, tetapi semua perguruan tinggi sepakat untuk mengutus mahasiswanya. Peserta ini akan tinggal kurang lebih selama satu minggu untuk kuliah dan mengalami kehidupan perguruan tinggi penerimanya, sekaligus juga kehidupan dialog dengan mahasiswa dari agama yang berbeda. Oleh karena, setiap perguruan tinggi harus mempersiapkan tempat tinggal untuk peserta yang ikut dalam pertukaran ini.

Sebagai program kegiatan FMLA, kegiatan ini sudah dijadikan agenda kerja bagi BEM STF Seminari Pineleng periode 2021-2022 dan mendapat dukungan pimpinan  STF Seminari Pineleng, Dr. Gregorius Hertanto Dwi Wibowo,SS., M.Th.  serta pimpinan dari setiap perguruan tinggi lain. Turut mendukung kegiatan ini adalah Bapak Wakil Wali Kota Tomohon Bapak Wenny Lumentut, SE yang turut mendukung bantuan dana untuk kegiatan FMLA ini. Beliau sangat senang dengan kegiatan yang digagas oleh kaum muda ini dan berharap kegiatan ini berlangsung terus untuk menciptakan kehidupan beragama yang sehat (Laporan Kristi Regis)

Galeri Foto-foto Hari Pertama

Posted in Mahasiswa

Related Posts

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.