Menu Tutup

Ziarah Keluarga STF

Bulan Mei merupakan bulan khusus untuk menghormati Bunda Maria. Demikian juga keluarga STF Seminari Pineleng sebagai keluarga pendidikan imam dan pelayan Gereja, memaknai bulan ini dengan kegiatan ziarah bersama. Arah ziarau ini adalah gua Maria Pondok Emaus, tempat tahun rohani calon imam Keuskupan Manado di Tateli. Dari STF Seminari Pineleng, para frater dam mahasiswa harus menwmpuh jarak 13.5 km melalui desa Warembungan, Sea dan Kalasey. Begitulah para mahasiswa mulai begerak per tingkat pada pukul 5.30 pagi hari. Berkat dari Pastor Julius, Wakil Ketua III dan doa dari pastor Albertus Sujoko, dosen senior membuka ziarah. Nyanyian Maria dan lagu lagu rohani berkumandang pagi itu tanpa putus menyelingi untaian doa rosario.
Ziarah ini sudah lama tidak diadakan karena berbagai alasan, salah satunya adalah karena situasi pandemi covid 19. Terakhir ziarah dilakukan tahun 2016, enam tahun sebelumnya di Gua Maria Bunda Hati Kudus Karombasan.
Dalam ziarah kali ini turut serta berjalan kaki Romo Hertanto dan pastor Stenly Pondaag. Keduanya bergabung dalam rombongan tingkat Mayor. Meskipun lelah, mereka sangat menikmati perjalanan rohani dengan para frater dan mahasiswa-mahasiswi.
Bagi para frater dan mahasiswa perjalanan kaki ini tidak terasa berat. Waktu yang ditempuh hanya 3 jam, dan jalanan cukup baik. Yang sedikit berat hanyalah saat menanjak di dekat Warembungan, sesudah itu semua relatif ringan.
Pada jam 08.30 semua rombongan sudah sampai di Pondok Emaus. Di situ sudah bergabung pula para Pastor yang lain: pastor Amri, pastor Melky, dan pastor Vianny. Pastor Julius tekah oula bergabung bolak balik dengan kendaraan sambil menjaga mahasiawa.
Acara ziarah dipuncaki dengan Misa Kudus yang dipimpin oleh Pastor Julius. Beliau mengajak semua sivitas akademika untuk berziarah lebih dalam lagi, bukan hanya menuju suatu tempat, melainkan menuju seorang pribadi yang menjadi dasar kehidupan dan aktivitas kita semua, ialah Yesus Kristus sendiri. Pastor Hertanto, Ketua STF mengucap terimakasih kepada semua yang telah mensukseskan acara ini: wakil Ketua III, BEM, dan semua oeserta ziarah. Tak lupa disebut juga para donatur dari kelompok KFF, kelompok wiraswastawan Manado yang telah menyumbang untuk kegiatan ini.
Acara dilanjutkan dengan wisata ke Mangatasik.

Posted in Berita STFSP

Related Posts

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.