Menu Tutup

Tahbisan 9 Diakon dan Pelantikan Lektor-Akolit

Sabtu, 25 Juni 2022.
Bersamaan dengan Perayaan Hati Tersuci Santa Perawan Maria, Keluarga besar STFSP  bersyukur atas panenan tahbisan  9 diakon baru. Mereka adalah mahasiswa yang barus saja lulus dari program Mayor Imamat. Kesembilan orang itu adalah Fr. Dkn, BILLY LEONARDO TENDEAN, Dkn. DEDIANUS PATI, kn. FRANSISKUS IVANDI PANDA RAJA. Dkn. MARCIANO JOSEPH PANTOW, Dkn. RAY LEGIO ANGELO LOLOWANG, Dkn. THEODORUS MICHAEL Palit, Dkn. BILL LIRA MSC, Dkn. MARSELINUS LILO MSC dan Dkn. PETRUS BAJO PIRAN MSC. Mereka ditahbiskan oleh Uskup Keuskupan Manado, Mgr. Benediktus Rolly Untu MSC di Kapel Seminari Hati Kudus Pineleng.

Sedianya tahbisan akan dilaksanakan pada tanggal 3 Juli 2022, namun karena ada agenda tahbisan imam di Nulion, perayaan tahbisan ini diajukan pada tanggal ini. Bersamaan dengan mereka dilaksanakan pula pelantikan-pelantikan Lektor dan Akolit yang dahulu dikenal dengan tahbisan rendah. Dengan Lektor para calon imam dilantik menjadi pembawa sabda Tuhan, pembaca Kitab Suci dalam ibadat-ibadat liturgi. Sedangkan dengan akolit, mereka mendapat tugas untuk membawa lilin serta persembahan roti dan anggur untuk dikorbankan dalam Ekaristi. Semuanya adalah langkah-langkah simbolik menuju tahbisan imam.
Dengan tahbisan diakon para frater menerima tingkatan pertama dalam imamat. Mereka turut ambil bagian dalam tugas imam mewartakan injil, melayani altar dan menggembalakan umat. Mereka semakin dekat lagi dengan altar dan setelah masa diakonat itu akan siap untuk menerima tahbisan imam. Karena itu mereka mengenakan sebagai tanda jabatan pakaian stola dan dalmatik.

Sesudah tahbisan para diakon ini akan segera bertugas di berbagai tempat sesuai penugasan dari Keuskupan dan Tarekat MSC. Diakon Marcel Lilo, misalnya akan bertugas di Aspiran Purworejo, Diakon Bill Lira di Postulat, Diakon Dedianus Pati menjadi asisten Bapa Uskup, Diakon Marianus Pantow akan bertugas di Seminari Agustinianum Tomohon. Ada yang tetap tinggal di Seminari Pineleng sebagai pembina para frater, yaitu Diakon Ray Lolowang. Diakon Ivandi Pandi Raja akan melayani di Sinisir, dan Diakon Billy Tendean akan melayani di Paroki Lolak, sementara Diakon John Piran akan kembali ke Maluku. Mereka semua masih muda dan dengan taat dan rendah hati menerima penugasan mereka dengan gembira.

Hadir dalam tahbisan ini imam-imam pembina dan dosen di lingkungan STFSP serta para imam di sekitar Manado. Keluarga para diakon dan lektor serta akolit juga turut menyaksikan putra-putra mereka dengan bangga. Selamat dan bahagia.
Posted in Berita STFSP

Related Posts

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.