Menu Tutup

Perutusan Pelayanan Tri Hari Suci

Kamis, 7 April 2022

Pergilah kamu diutus! Itulah kalimat yang dikatakan oleh Pastor Drs. Julius Saletia, Lic. Th. selaku Wakil Ketua III Bidang Kemahasiswaan dan Alumni  STF Seminari Pineleng dalam pelatihan memimpin perayaan sabda untuk Tri Hari Suci. Kurang lebih 80 mahasiswa dari semester 6, 8 dan Mayor akan diutus untuk bertugas selama Pekan Suci tahun 2022 ini. Ke-80 orang ini terdiri dari para frater Diosesan dan frater-frater MSC, satu suster dan beberapa mahasiswa kateketik. Mereka sudah diberikan persiapan khusus untuk bertugas dalam pelayanan paskah. Mereka akan diutus ke paroki-paroki dan ke stasi-stasi yang ada di seluruh Keuskupan Manado. Permintaan datang dari paroki-paroki di Keuskupan Manado yang berada di Sulawesi Tengah, Gorontalo dan Sulawesi Utara. Misalnya dari Luwuk dan Paroki-paroki di Kabupaten Banggai Kepulauan sudah lama berpesan agar ada frater yang bertugas dan melayani di paroki mereka. Permintaan juga datang dari Kevikepan Nusa Utara, di Siau dan Talaud. Bahkan beberapa frater akan diutus di Jailolo, Keuskupan Amboina, sesuai permohonan Pastor Paroki.

Kegiatan pelayanan Paskah sebenarnya merupakan kegiatan rutin para mahasiswa STF Seminari Pineleng. Namun demikian dengan situasi pandemi covid-19 kegiatan ini sempat ditunda selama dua tahun. Jadi tahun 2022 ini disyukuri karena situasinya sudah lebih baik, sehingga mereka bisa berangkat. Tentu saja tidak ketinggalan kepada mereka selalu diingatkan untuk selalu berjaga-jaga, mengikuti protokol kesehatan dan waspada.

Persiapan yang telah dilakukan adalah berupa pelatihan pelayanan Tri Hari Suci yang diberikan langsung oleh Bapak Hanny S. Pangemanan S.Pd, S.Ag. Dosen STP Don Bosco ini dengan menarik mengajak para peserta melihat praktek yang keliru dalam perayaan, serta mengajak para peserta mempersiapkan diri dengan baik. Waktu yang diberikan cukup singkat, namun pelatihan ini cukup memberi semangat bagi para mahasiswa untuk mulai bersiap-siap dengan berlatih sendiri dan secara berkelompok.

Pelatihan ditutup dengan dengan berkat perutusan dari Pastor Julius Saletia yang juga mengatakan kepada kita “baiklah kita melayani dengan memberitakan bahwa Yesus yang Tersalib kini sudah bangkit. Maka saat ini kita pun diutus bukan dengan nama lain melainkan dengan nama Bapa, Putra dan Roh Kudus”.

Selamat masuk dalam perutusan. Dengan semangat Fides, Veritas dan Ministerium, siap diutus! (Kristi Regis)

Posted in Mahasiswa

Related Posts

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.