Menu Tutup

Tahbisan Baru 5 Imam Praja Manado

Nulion Rabu 29 Juni 2022

Lima lagi lulusan STF Seminari Pineleng ditahbiskan menjadi imam. Kali ini tahbisan dibuat Sulawesi Tengah, tepatnya di paroki St. Petrus Nulion. Mereka adalah  pastor Ovan Adikila Pr, pastor Kris Mokili Pr, pastor Jito Sanggale Pr, dan pastor Berly Dianomo Pr serta Pastor Stenly Ambun Pr. Pilihan untuk menahbiskan mereka di Nulion terutama adalah karena keempat orang yang pertama di sebut adalah putra-putra kelahiran Banggai. Sementara Pastor Stenly Ambun sendiri pernah menjalankan tahun orientasi pastoralnya di Paroki Raja Damai Banggai.

Sebagaimana diberitakan oleh Komsos Keuskupan Manado, Bapa Uskup Manado, Mgr. Rolly Untu MSC dengan hati bersukacita menahbisan kelima imam baru Keuskupan Manado tersebut. Ia mengangkat pesan Yesus sendiri di dalam kotbahnya, yaitu agar para imam tersebut meneladani Yesus sendiri, Sang Gembala yang baik, “yang datang tidak untuk dilayani, melainkan untuk melayani orang; yang datang untuk mencari dan menyelamatkan yang hilang”.

Pesta tahbisan dilaksanakan dengan sangat meriah. Kepulauan Banggai memang merupakan wilayah Keuskupan Manado yang paling banyak menghasilkan imam. Itulah sebabnya banyak imam asal Banggai datang ikut ambil bagian dalam upacara ini. Nampak dalam misa itu setidaknya 23 imam kelahiran Banggai. Selain itu imam-imam datang baik dari kalangan Praja maupun MSC. Panitia dan Umat Nulion sendiri mempersiapkan perayaan dengan sangat istimewa dengan membangun sebuah pendopo permanen yang sangat indah sebagai panti imam dan tempat tahbisan, yang dilengkapi dengan sebuah sabua raksasa untuk menampung semua tamu yang datang. Perayaan dibuat di samping Gereja Paroki Nulion dalam suasana yang khusuk dan meriah. Meski sempat diguyur hujan tapi tidak mengurangi antusias umat untuk hadir dalam perayaan tahbisan ini. Tak hanya para imam dari Banggai turut dalam perayaan syukur ini. Juga para suster yang berasal dari daerah ini pun turut menyemarakkan acara kudus ini. Ribuan umat menyambut pesta ini dengan gembira. Para tamu dari paroki-paroki tetangga pun turut hadir.

Di akhir perayaan tahbisan, bapa Uskup mengumumkan tempat bertugas para imam baru yaitu sebagai berikut:

  1. Pastor Ovan di Paroki Sta. Maria Bunda Penolong Abadi Beteleme
  2. Pastor Kris Mokili bertugas di Seminari Tahun Orientasi Rohani Pondok Emaus Tateli, tempat ia sebelumnya menjalankan masa diakonatnya.
  3. Pastor Jito Sanggale bertugas di Paroki Sta. Theresia Poso
  4. Pastor Stenly Ambun di Paroki St. Fransiskus de Sales Kokoleh
  5. Pastor Berly di Paroki St. Thomas Modo

STF Seminari Pineleng bersyukur atas anugerah ini. Kelima imam baru ini adalah gelombang kedua dari rombongan imam yang ditahbiskan tahun ini. Sebelumnya 5 orang sudah ditahbiskan di Paroki Karombasan Manado pada tanggal 7 Mei 2022. Sarcerdos in aeternum. Imam untuk Selamanya amin.

Foto-foto berikut diambil dari berbagai sumber

Posted in Tak Berkategori

Related Posts

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.